Tidak Perlu Bingung Jika Ingin Menjajal Gudeg, Pecinta Kuliner Bisa Mampir ke 10 Gerai Gudeg di Jogja 10 Gerai Gudeg Jogja

Memang wisata kuliner di Jogja begitu beragam, pecinta kuliner bisa menikmati berbagai varian kuliner mulai dari yang bercitarasa manis hingga pedas. Namun, belum lengkap rasanya jika teman traveler belum menyantap kuliner khas Jogja yang terbuat dari nangka muda ini. Tidak perlu khawatir kesusahan mencari menu gudeg ini karena memang banyak dijual hampir di semua sudut Jogja. Berikut adalah beberapa kedai gudeg yang bisa dijajal oleh pecinta kuliner. Yuk disimak !

Gudeg Batas Kota
Gudeg Batas Kota via Instagram @namjaravindra

Pecinta kuliner yang sedang berada di perbatasan kota Jogja dengan Solo tepatnya di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 29 – 39, Demangan, bisa mampir ke Gudeg Batas Kota yang buka mulai pukul 9 malam hingga 3 dini hari. Di kedai kaki lima yang sederhana ini pecinta kuliner bisa menyantap gudeg lengkap dengan menyiapkan budget sekitar Rp. 30.000an.

Gudeg Manggar Ibu JUmilan
Gudeg Manggar Bu Jumilan via Isntagram @kulinerjogja

Pecinta kuliner bisa menjadikan gudeg ini sebagai menu sarapan pagi karena sudah buka sejak pukul 5 pagi. Gerai yang berlokasi di Jalan Srandakan kilometer 8, Mangiran, Srandakan ini menyajikan gudeg dari manggar, suwir ayam, krecek pedas, dan juga seporsi mangut lele yang memiliki citarasa gurih. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 25.000 teman traveler sudah bisa menikmati satu porsi gudeg lengkap.

Gudeg Sagan
Gudeg Sagan via Instagram @raditya_dika

Gudeg Sagan yang sangat nikmat ini memiliki rasa pedas langsung dari bumbunya. Tidak diberi sambal goreng krecek tapi tetap ada baceman dan menggunakan telur bebek sehingga rasa gurihnya semakin terasa. TAyam dengan bumbu kuning kental bisa menjadi pelengkap yang sempurna. Pecinta kuliner bisa langsung menuju Jalan Professor Dr Herman Yohanes No.53, Caturtunggal jika ingin mencicipi gudeg sedap ini hanya dengan menyisihkan Rp. 30.000 saja.

Gudeg Bu Lies
Gudeg Bu Lies via Instagram @rey.winter.stuff

Gudeg Bu Lies yang berlokasi di Jalan Wijilan Nomor 5, Panembahan, Kraton ini menyajikan gudeg yang cenderung lebih kering dari gudeg yang kebanyakan dijual. Teman traveler dapat menikmati gudeg ini langsung di tempat atau dibawa pulang sebagai oleh – oleh, dengan menyiapkan kocek Ro. 35.000an saja. Tersedia kemasan kaleng dengan berat 300 gram sudah berisi gudeg manis, telor, dan ayam bacem siap santap.

Gudeg Bu Tjitro 1925
Gudeg Bu Tjotro 1925 via Instagram @javafoodie

Satu lagi gerai gudeg yang menyediakan kemasan kaleng gudeg yang praktis dan siap santap kapan saja, Gudeg Bu Tjitro yang berlokasi di Jalan Janti Nomor 330, Banguntapan, Bantul. Pecinta kuliner pun tentu saja bisa menikmati satu porsi gudeg yang berisi gudeg setengah kering, ayam bumbu santan kuning, dan krecek pedas langsung di gerai. Gerai gudeg yang beroperasi mulai pagi hingga malam ini membanderol harga gudeg di kisaran Rp. 35.000 – Rp. 50.000 per porsi.

Gudeg Mercon Bu Tinah
Gudeg Mercon Bu Tinah via Instagram @joe.sulistianto

Gudeg yang kebanyakan dijajakan memiliki citarasa manis karena penggunaan gula merah di dalamnya. Gudeg Mercon Bu Tinah menyuguhkan gudeg berbeda, gudeg mercon menonjolkan citarasa pedas menggigit. Satu porsi menu dari warung yang telah berdiri sejak 1998 ini terdiri dari gudeg yang tidak terlalu manis, krecek super pedas dengan irisan cabai, tumis sayur, dan lauk yang bisa disesuaikan dengan selera. Pecinta kuliner bisa mencicipi kuliner pedas ini di Jalan Asem Gede Nomor 8 Cokrodiningratan, Jetis mulai pukul 9 malam.

Gudeg Pawon
Gudeg Pawon via Instagram @theweekendwarrior.id

Siapa yang tidak tahu tentang Gudeg Pawon ? Sesuai namanya, pecinta kuliner bisa datang langsung ke pawon atau dapur pembuatan gudeg yang berlokasi di Jalan Janturan UH/ IV Nomor 36 Umbulharjo. Kedai Gudeg Pawon buka mulai pukul 10 malam tetapi sebaiknya pecinta kuliner antri sebelum jam buka karena banyak sekali peminat gudeg ini. Bisa menikmati gudeg sedap ini dengan merogoh kocek sekitar Rp. 30.000 sudah bisa menyantap gudeg manis lengkap dengan sambal goreng krecek, ayam, dan juga cabai hijau yang bisa diceplus bersama nasi.

Gudeg dan Mangut Lele Mbah Marto
Gudeg dan Mangut Lele Mbah Marto via Instagram @chrisyeoctaviani

Selain Gudeg Pawon, pecinta kuliner juga bisa mengambil sendiri menu gudeg di dapur di gerai Gudeg dan Mangut Lele Mbah Marto berlokasi di Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Teman traveler pun bisa menyantap gudeg dicampur mangut lele, yang menimbulkan citarasa manis gudeg dipadu gurip pedas mangut lele.

Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum via Instagram @aprisoladi

Gudeg Yu Djum yang bertempat di Jalan Wijilan Nomor 31 Panembahan, Kraton ini terbilang sebagai gudeg legendaris dan merupakan yang pertama berinovasi dengan gudeg kemasan kaleng. Dengan sajian gudeg kering, pengunjung bisa membeli dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh atau dinikmati langsung di lokasi. Tidak hanya menikmati gudeg, pecinta kuliner pun bisa menyaksikan langsung proses pembuatan gudeg di dapur.

Gudeg Manggar Bu Tinur
Gudeg Manggar Bu Tinur via Instagram @poppimonik

Gudeg biasanya dibuat dari gori atau nangka muda. Namun, beberapa variasinya justru dibuat dari manggar atau bunga kelapa yang dimasak dengan bumbu gudeg pada umumnya. Setelah matang, manggar akan dipotong dan disajikan dengan menu pendamping lain seperti telur atau ayam bacem, sambal, dan krecek yang nikmatnya nendang. Kalau ke Yogyakarta, salah satu kedai gudeg manggar terbaik dikelola oleh Bu Tinur yang berlokasi di Jalan Bibis Raya RT.04, Dusun Gendheng, Bangunjiwo, Kasihan.

Jadi teman traveler ingin menjajal gudeg di gerai yang mana ? Selamat menikmati gudeg !

Leave a reply:

Site Footer

Sliding Sidebar