Selecta Malang, Tempat Wisata Legendaris yang Masih Jadi Primadona. Hal-hal dasar mengenai tempat wisata legenda Selecta Malang.

Jenuh karena aktivitas yang melelahkan setiap harinya, membuat kita membutuhkan liburan untuk menenangkan pikiran sejenak. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berlibur seperti menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang, menyendiri dan beristirahat dirumah, menikmati suasana pantai, atau berkunjung ke tempat wisata. Salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata dan sering dikunjungi adalah kota Malang. Di sini kamu bisa menemukan salah satu tempat wisata yang sudah berdiri sejak lama, tidak lain dan tidak bukan adalah Selecta Malang. Berikut hal-hal yang bisa kamu jumpai di Selecta jika belum pernah kesana.

 

Keberadaan tempat wisata Selecta memang sudah lama berdiri. Tempat ini dulunya dibangun oleh warga Belanda pada masa penjajahan yang bernama Ruyter de Wildt diantara tahun 1920 hingga 1928. Dulunya tempat ini sebagai tempat peristirahatan bagi para warga Belanda yang sedang berkunjung ke Indonesia. Menurut sejarah Indonesia, tempat ini dibangun pada tahun 1925 hingga 1955 dan juga presiden pertama Republik Indonesia yaitu Soekarno dan Wakil Presiden Hatta pernah beristirahat di Selecta.

Tempat Wisata Selecta Via Instagram/ariayuchz

 

Memiliki udara yang dingin dan sejuk serta dibarengi dengan pemandangan taman yang indah dan bersih, menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Walaupun tempat ini sudah lama berdiri, tetapi tidak menurunkan niat para pengunjung untuk terus berdatangan dan menikmati keindahan Selecta ini. Di akhir pekan dan liburan pun, tempat ini masih saja ramai dikunjungi.

 

Walaupun banyak dari masyarakat yang menganggap lokasi Selecta berada di Malang, namun sebenarnya Selecta bertempat di Desa Tulungrejo, kecamatan Bumi Aji, Kota Batu. Bila bepergian dari pusat kota Malang, lokasinya berjarak sekitar 25 Km namun jika dari pusat kota Batu hanya menempuh jarak sekitar 4 Km saja.

 

Data yang didapat dari Badan Administrasi Pertanahan Kota Batu, taman ini memiliki luas wilayah sekitar 18 hektar sedangkan untuk wahananya sleuas 8 hektar. Tak hanya dari wisatawan lokal, wisatawan mancanegara dari negeri Belanda, Malaysia, Korea, Jepang, Taiwan, juga pernah berkunjung kesini. Para wisatawan yang datang jauh-jauh dari negara dan kota asalnya masing-masing berlomba-lomba untuk melihat keindahan yang ada di Selecta ini.

 

Tempat Wisata Selecta Via Instagram/isniaratnasari

 

Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk pergi ke Selecta sebaiknya harus mengetahui dulu dimana lokasi tepatnya dan biaya yang harus kamu keluarkan. Untuk masuk dan menikmati keindahan taman-taman bunga yang ada di Selecta kamu hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 25.000,- per orangnya. Dengan biaya segitu, kamu bisa menikmati beberapa wahana gratis yang bisa kamu dapat di sini. Selecta mulai beroperasi pada pukul 06.00 pagi dan tutup pada pukul 18.00 WIB.

 

Selain menyajikan keindahan dari taman-taman bunga yang berwarna warni dan cantik, disini juga terdapat beberapa wahana. Adapun wahana berbayar disini seperti Flying Fox, Sepeda Air, Sky Bike, Perahu Ayun, dan Menunggang kuda dikenakan biaya mulai dari Rp. 10.000 – 20.000 per wahana. Namun tak perlu takut karena ada juga beberapa wahana yang bisa kamu dapatkan secara gratis seperti Goa Singa, Water Boom Anak, Playground Anak, dan Taman Singa.

 

Pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan keindahan dan fasilitas yang ada di Selecta, di lokasi juga terdapat beberapa pedagang kuliner yang menjual aneka makanan. Selain itu juga teradapat food court bagi pelanggan yang tidak merasa lapar dan tidak ingin repot untuk pergi jauh-jauh mencari makanan. Bagi pengujung yang juga tidak ingin repot dan kelelahan, di sekitar Selecta juga terdpat beberapa penginapan yang bisa kamu coba dengan harga yang bervariasi pula.

 

Semoga informasi mengenai wisata Selecta diatas berguna dan juga mempermudah kamu dalam berkunjung ke lokasi ini.

Leave a reply:

Site Footer

Sliding Sidebar