Pantai Sawarna, Pantai di Banten yang Indah nan Eksotis Keindahan Pantai Sawarna yang tersembunyi di desa Sawarna.

Banten merupakan sebuah provinsi yang berada di sebelah barat bagian Pulau Jawa dan menawarkan keindahan alam yang patut untuk dicoba beberapa wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang terkenal adalah Pantai Sawarna. Pantai Sawarna ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Apa saja yha, hal menarik yang ada di Pantai Sawarna ?

 

Pantai Sawarna dulunya belum dikenal dengan orang banyak dan hanya sedikit yang datang. Banyaknya orang yang membahas di berbagai media seperti televisi dan Youtube, membuat pantai ini mulai dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Pantai Sawarna sendiri memiliki satu goa dan tujuh pantai dengan menyajikan panorama alam yang berbeda dan tentunya sangat indah.

Pantai Sawarna Via Instagram/indhfjrwti

 

Sawarna ternyata memiliki sejarah yang kelam. Ratusan ribu nyawa Romusha mati sia-sia akibat pembangunan rel kereta api Saketi-Bayah. Saat ini hanya ditemukan puing-puing bangunannya saja dan sudah banyak yang hilang. Namun saat ini Desa Sawarna lebih dikenal karena memiliki banyak spot pantai yang eksotis dan hal itu menarik para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berlibur kesini. Selain itu, peselancar dari berbagai negara juga tertarik untuk mencoba ombak pantai.

 

Ketika sampai di pantai ini, kamu akan disambut dengan berbagai wisata kuliner, berbagai suvenir, hingga wisata surfing. Kocek yang kamu keluarkan untuk masuk ke pantai sebesar Rp. 5.000 per orang, parkir kendaraaan roda dua seharga Rp. 2.000,- dan Rp. 5.000,- untuk roda empat. Dengan jumlah biaya segitu, kamu tak perlu khawatir akan kehabisan budget.

 

Ada berbagai cara untuk sampai ke pantai ini, dengan menggunakan transportasi pribadi atau umum. Ada baiknya untuk menggunakan transportasi pribadi karena memakan waktu sekitar 6-8 jam, sedangkan dengan transportasi umum biasanya memakan waktu sekitar 9-10 jam. Dari Rangkasbitung, pantai ini berjarak sekitar 150 km.

 

Walaupun memakan waktu yang berjam-jam untuk menuju pantai, tetapi pengujung tetap merasa puas jika sampai ke daerah pantai. Pantai ini menghadirkan suasana yang berbeda dan disambut dengan hamparan pasir putih yang sangat eksotis dan mampu membuat pikiran kembali segar.

 

Ketertarikan dari pantai ini adalah akses menuju pantai. Para wisatawan disambut dengan jembatan kayu gantung saat memasuki kawasan pantai. Jembatan inilah yang menghubungkan Desa Sawarna dengan pintu gerbang pantai dan terdapat juga sungai yang dangkal di bawah jembatan. Tentunya pengalaman sepeti ini perlu diabadikan ya saat travelling. Selain itu, yang membuat tertarik adalah deburan ombaknya yang indah dan memudahkan para wisatawan untuk berselancar disini jika ingin merasakan adrenalin baru.

Pantai Sawarna Via Instagram/julialex85

 

Berlibur ke pantai ini memang cocok untuk menghabisakan waktu berama keluarga, teman-teman, maupun pasangan. Meski letak pantai sangat jauh, namun pantai ini menjadi tujuan para peselancar lokal maupun dari berbagai negara. Karena banyaknya para wisatawan yang berkunjung kesini, di sekitar pantai kamu juga bisa menemukan beberapa penginapan seperti villa dan homestay yang tersedia.

 

Berbagai tempat menarik yang bisa kamu kunjungi ketika sampai disini seperti Tanjung Layar dengan batu besarnya yang menyerupai layar, serta Gua Lalay yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Pantai ini pun belum mendapat perlakuan khusus dari pemerintah, sehingga itu membuat para wisatawan sedikit sulit untuk menuju ke pantai dikarenakan akses yang masih sulit, serta tidak adanya papan petunjuk yang menunjukkana arah pantai.

 

Dengan desiran ombak yang indah, hamparan pasir berwarna putih, dan pemanddangan alam yang eksotis, membuat pantai ini digemari. Mau coba untuk kesini ?

Leave a reply:

Site Footer

Sliding Sidebar