Pantai Indrayanti, Pantai Bersih yang Bebas Sampah di Daerah Gunung Kidul Keindahan Pantai Indrayanti dan pantai yang bebas dari sampah.

Saat menikmati liburan akan terasa lebih lega jika pergi ke pantai. Menikmati angin yang sepoi-sepoi serta desiran ombak dan terik matahari merupakan cara terbaik untuk menikmati liburan. Di Jogja, ada bergam pantai yang bisa kamu temui dan yang paling populer dikalangan wisatawan adalah Pantai Parangtritis. Namun, ada salah satu pantai yang juga menawarkan keindahan dan dulunya tidak sepopuler sekarang. Pantai Indrayanti atau disebut dengan Pantai Pulsa merupakan salah satu pantai yang menyimpan keindahan di Jogja dan bertempat di Gunung Kidul. Keindahan seperti apa yang ada di Pantai Indrayanti yha ? Ini dia info lebih dalamnya, simak yuk!

 

Pantai Pulang Sawal (Pantai Pulsa) atau lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti merupakan salah satu destinasi eksotis yang berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Letak pantai ini berada tepat di sisi timur Pantai Sundak. Kedua pantai dibatasi oleh perbukitan karang. Pantai ini menawarkan panorama yang indah dibanding pantai-pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Walaupun pantai ini terletak di ujung timur, waktu yang dibutuhkan untuk sampai kesini dari kota Jogja membutuhka waktu sekitar 2 jam atau lebih. Dengan jaraknya yang lumayan jauh, pantai ini tetap menjadi pilihan beberapa wisatawan untuk dikunjungi.

Pantai Indrayanti Via Instagram/khairunnisabalqiss97

 

Menurut beberapa wisatawan domestik, Pantai Indrayanti merupakan wisata andalan di Gunung Kidul. Selainkan memberikan paket komplit meliputi air, suasana, dan pasir, wisatawan juga bebas untuk menyelam. Tidak adanya karang membuat aktivitas menyelam menjadi lebih leluasa tanpa takut terganggu.

 

Di sepanjang pantai, terdapat payung-payung yang dipasang dan bisa disewa dengan kisaran harga sekitar Rp. 15.000 – 30.000. Agar suasana pantai lebih terasa, kamu juga bisa membeli kelapa muda yang disediakan oleh penjual dengan harga Rp. 8000,- per buahnya. Dengan begitu, kamu bisa duduk santai di bawah payung sambil menikmati pemandangan matahari tenggelam. Seperti pantai pada umumnya, selain memberikan keindahan pemandangan alam dan suasana, disini juga terdapat beberapa fasilitas penyewaan jetski, banana boat, dan lain sebagainya.

 

 

Di sekitar pantai juga terdapat resor dan restoran yang membuat Susana semakin berbeda. Kamu dapat melakukan beberapa kegiatan di pantai ini seperti berjemur di bawah sinar matahari, berolahraga voli, berfoto untuk mengabadikan momen, bahkan duduk-duduk santai sembari menikmati desiran ombak dan udara yang segar.

Pantai Indrayanti Via Instagram/nurizzahsofia

 

Malam hari, suasana pantai terlihat lebih romantis karena terdapat beberapa gazebo dan pondok yang berada di sisi pantai. Dengan pemandangan bintang yang berkelap kelip di langit dan berada di bawah sinar rembulan, semakin menambah kesan romantis jika berlibur bersama pasangan.

 

Pantai ini berbeda dengan pantai yang lain karena pantai terlihat lebih bersih dan bebas dari sampah jika dibandingkan dengan pantai yang lain. Rupanya, pengelola membuat peraturan dan memberikan sanksi berupa denda sebesar Rp. 10.000,- kepada para wisatawan jika ketahuan membuang sampah sembarangan. Karena hal itulah yang membuat suasana pantai lebih bersih dan lebih nyaman. Jika kamu penasaran dan ingin menikmati keindahan Pantai Indrayanti, cukup merogoh kocek sebesar Rp. 5.000,- kamu sudah bisa menikmati suasana dan pemandangan pantai.

 

Semua pantai tentunya menawarkan keindahannya masing-masing, tapi jika kamu berlibur ke daerah Jogja atau Solo dan penasaran akan Pantai Indrayanti yang indah dan bersih dari sampah, kamu bisa coba untuk datang kesini ya! Semoga liburanmu menyenangkan!

Leave a reply:

Site Footer

Sliding Sidebar