Berani Cobain 5 Kuliner Ekstrem di Jogja Ini? Berani Cobain 5 Kuliner Ekstrem di Jogja Ini

Kuliner Jogja tak melulu dengan masakan Gudegnya yang terkenal. Tapi juga ada beberapa kuliner yang bisa dibilang ekstrem. Kamu bisa menemukan kuliner ekstrem di kawasan Gunungkidul yang merupakan salah satu kabupaten di Jogja. Di sepanjang jalan Gunungkidul kamu bisa melihat pedangang pinggir jalan yang menjual makanan ekstrem. Apa saja kuliner ekstrem di Jogja? Berikut ini rangkumannya.

  1. Codot Bacem

Kuliner Jogja - Codot Bacem
Kuliner Jogja – Codot Bacem via instagram.com/kabar_handayani

Codot dalam bahasa Indonesia artinya Kelelawar yang biasanya memakan buah – buahan. Seperti di buah mangga, biasanya kamu menemukan buah mangga yang berlubang padahal masih di atas pohon. Hal itu karena dimakan oleh codot, sehingga hewan ini dianggap sebagai hama bagi para petani buah – buahan. Tapi anehnya, para penduduk Gunungkidul suka mengkonsumsi daging codot yang biasa mereka olah menjadi baceman.

  1. Entung Goreng

Kuliner Jogja - Entung Goreng
Kuliner Jogja – Entung Goreng via instagram.com/silvia_widarto

Kuliner Jogja yang ekstrem lainnya yaitu Entung Goreng. Sebenarnya kuliner ini berasal dari ulat pohon jati yang mereka sebut enthung atau ungkrung. Entung ini semacam kepompong. Rasa dari kuliner ini gurih dan empuk kalau digoreng. Kamu bisa menemukan kuliner ini dengan mudah di kawasan Gunungkidul.

  1. Belalang Goreng

Kuliner Jogja - Belalang Goreng
Kuliner Jogja – Belalang Goreng via instagram.com/jogjascrummy

Mungkin kamu sudah tak asing dengan kuliner ekstrem belalang goreng. Ekstremnya, di Gunungkidul ini malah dijadikan camilan. Kuliner ini sangat populer di Jogja dari dulu hingga sekarang. Bahkan makanan ini menjadi makanan umum di Jogja dengan tekstur belalang goreng yang renyah dan gurih.

  1. Laron Goreng

Kuliner Jogja - Laron Goreng
Kuliner Jogja – Laron Goreng via instagram.com/via_phio

Kuliner Jogja yang satu ini hanya ada disaat musim hujan yaitu laron goreng. Hewan yang dianggap mengganggu disaat musim hujan ini sukanya mengerumuni lampu. Tapi tidak di Gunungkidul, malah dijadikan lauk makan dengan cara di goreng. Konon laron goreng ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan cita rasa yang gurih.

  1. Puthul

Kuliner Jogja - Puthul
Kuliner Jogja – Puthul via instagram.com/wuridcahya

Puthul merupakan sejenis serangga kumbang yang banyak ditemukan ketika musim hujan. Kamu bisa menemukan kumbang ini di batang pohon atau di dalam gundukan tanah dan biasanya mereka muncul di malam hari. Hewan ini tergolong hama, tapi para penduduk Gunungkidul menjadikan hewan ini sebagai camilan. Biasa di olah dengan cara digoreng.

Leave a reply:

Site Footer

Sliding Sidebar