Berburu Kuliner Bali di Gianyar 4 Kuliner Bali di Kawasan Gianyar Yang Bisa Dicoba

Gianyar merupakan sebuah kabupaten yang ada di Pulau Bali. Gianyar yang menjadi salah satu destinasi wisata Bali yang tak hanya menawarkan keindahan pantai dan persawahan yang hijau tapi juga aneka kuliner Bali yang menggugah selera. Jika berwisata ke kawasan Gianyar, kamu wajib coba kuliner berikut ini.

  1. Nasi Tahu

Kuliner Bali - Nasi Tahu
Kuliner Bali – Nasi Tahu via instagram.com/deliciousbali

Kuliner yang satu ini bisa kamu temukan di Pasar Seni Sukawati yang lebih tepatnya ada di sebelah barat pasar. Seperti namanya, makanan khas Bali ini sangat sederhana hanya berisi nasi, tahu goreng, sayur urap kacang panjang yang dicampur dengan parutan kelapa dan dilengkapi dengan kerupuk tahu serta sambal terasi. Untuk kamu yang suka pedas, dijamin sambelnya sangat mantap.

  1. Nasi Campur Bali

Kuliner Bali - Nasi Campur Bali
Kuliner Bali – Nasi Campur Bali via instagram.com/suhadiw2

Ke Bali tak lengkap rasanya jika tak mencicipi makanan khas Bali yang terkenal ini yaitu Nasi Campur Bali. Di kawasan Ubud terdapat sebuah warung yang bernama Warung Teges yang menawarkan menu nasi campur yang menggugah selera. Di sini terdapat 2 pilihan yaitu nasi campur tanpa daging atau nasi campur dengan daging babi. Selain itu juga ada campuran daun kecicang yang merupakan sayuran khas Bali. Belum lagi ditambah dengan sambal pedasnya yang unik.

  1. Nasi Tepeng

Kuliner Bali - Nasi Tepeng
Kuliner Bali – Nasi Tepeng via instagram.com/horisonseminyak

Kuliner Bali yang satu ini merupakan makanan khas Gianyar Bali yang sekarang ini sudah cukup susah ditemukan. Nasi Tempeng ini merupakan makanan pedas yang akan rempah – rempah. Tekstur nasinya mirip dengan bubur tapi tak sehalus bubur pada umumnya. Dilengkapi dengan sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor dan kelapa parut yang disajikan diatas pincukan daun pisang. Kamu bisa menemukan Nasi Tepng ini di Pasar Umum Gianyar.

  1. Topot

Kuliner Bali - Topot
Kuliner Bali – Topot via instagram.com/widyantarawayan

Topot merupakan makanan khas dari Desa Peliatan, Ubud, Bali. Makanan yang terbuat dari beras, garam, dan minyak kelapa yang dibungkus dengan daun bambu ini dimasak dengan cara dikukus selama 4 jam dengan cara tradisional. Topot ini biasa dimakan dengan srundengan kelapa yang dicampur dengan bumbu bawang putih dan kencur ini memiliki citarasa yang nendang.

Bagaimana ke-4 kuliner Bali diatas? Bikin ngilerkan? Jadi kalau ke Bali jangan lupa berburu masakan khas Bali diatas.

Leave a reply:

Site Footer

Sliding Sidebar