Candi Prambanan, Tempat Wisata di Jogja yang Tak Lekang Oleh Waktu Mengintip keistimewaan dari salah satu peninggalan sejarah Candi Prambanan

Membahas tentang Kota Gudeg memang nggak ada habisnya. Jogja memiliki keunikan tersendiri entah dari sisi makanannya, budaya Jawa Tengah yang kental, atau deretan tempat wisata Jogja yang menyimpan banyak sejarah. Salah satu tempat wisata yang masih menjadi destinasi favorit adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan termasuk destinasi favorit wisatawan karena candi ini memiliki bangunan yang tinggi dan megah serta termasuk peninggalan sejarah.

Sebenarnya banyak tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi, tetapi Candi Prambanan ini jangan sampai terlewatkan dari list destinasimu. Candi Prambanan atau lebih dikenal dengan Candi Roro Jonggrang, merupakan candi terbesar se-Asia Tenggara. Sejarah tentang Candi masih menyimpan teka-teki dan pertanyaan karena sampai sekarang belum diketahui secara pasti mengapa dan kapan candi ini dibangun serta atas perintah siapa. Dugaan kuat, Candi ini berdiri sekitar tahun 850 M oleh Raja Balitung Maha Sambu dan diperkuat lagi dengan adanya Prasasti Syiwagrha yang ditemukan di sekitar wilayah Prambanan dan saat ini telah tersimpan di Museum Nasional Jakarta.

Candi Prambanan, Tempat Wisata di Jogja yang Tak Lekang Oleh Waktu
Candi Prambanan, Tempat Wisata di Jogja yang Tak Lekang Oleh Waktu / zcupids

Candi Siwa merupakan bangunan utama sekaligus yang terbesar dan tertinggi karena menjulang setinggi 47 meter. Candi ini ditetapkan sebagai cagar budaya yang harus dilindungi keberadaannya oleh UNESCO sekaligus merupakan candi terindah di Asia Tenggara. Kecantikan dan keindahan Candi Prambanan, mengikat daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Struktur yang terdapat dibangunan Candi Prambanan menggambarkan kepercayaan agama Hindu yakni Trimurti. Terdapat 3 halaman utama di Candi Prambanan, yakni Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu. Relief yang terpahat pada dinding candi menceritakan kisah Ramayana. Selain itu juga terdapat relief Pohon Kalpataru yang menggambarkan lambang kelestarian, kehidupan, dan keserasian menurut umat Hindu. Bagi para wisatawan yang ingin mengetahui informasi lebih dalam mengenai Candi Prambanan, telah disediakan museum yang teletak di komplek Candi Prambanan. Informasi audio visual mengenai sejarah ditemukan candi hingga proses pemugarannya bisa kamu temukan disana.

Hal menarik lain dari Candi Prambanan adalah adanya pagelaran yang dilaksanakan setiap bulan purnama yaitu Pentas Sendratari Ramayana yang merupakan terjemahan dari relief yang terdapat di dinding Candi Prambanan. Di sore hari, kamu dapat menikmati panorama Candi Prambanan. Saat senja, pemandangan candi sangat indah dengan menjulang lengkap di langit yang berwarna kemerahana. Pada pementasan sendratari, bangunan candi akan semakin kelihatan karena disorot dengan lampu berwarna-warni.

Candi Prambanan tidak memilki akses yang sulit karena berada di jalan raya Solo – Jogja. Jika berangkat dari Jogja, kamu dapat menggunakan transportasi umum yaitu TransJogja yang berhenti di halte pasar Prambanan. Tak hanya itu, semua bus antar kota jurusan Solo juga bisa mengantarmu sampai depan Candi Prambanan. Mudah sekali ya untuk sampai ke destinasi wisata satu ini.

Candi Prambanan di Jogja Via Instagram/reno.he
Candi Prambanan di Jogja Via Instagram/reno.he

Karena Candi Prambanan termasuk destinasi wisatawan favorit, di sekitar komplek Candi Prambanan terbilang cukup lengkap, karena terdapat rumah makan, toko cenderamata, penginapan, dan lain-lain untuk memudahkan wisatawan. Uang yang harus dikeluarkan agar bisa masuk kedalam Candi adalah sekitar Rp. 8 ribu saja.

Peninggalan sejarah memang tidak bosan untuk dibahas, walaupun sudah berdiri sejak lama namun keindahannya membuat ketertarikan bagi wisatawan lokal dan mancanegara serta membuat tempat ini sebagai tempat wisata yang tak lekang oleh waktu. Hal terpenting adalah untuk tetap selalu menghargai dan menghormati setiap peninggalan sejarah ya.

Leave a reply:

Site Footer

Sliding Sidebar